Kamis, 21 November 2013

TUGAS 6

                              TUGAS KELOMPOK(Ayam Goreng Ny Suharti)

Latar belakang
Ayam Goreng Ny. Suharti pertama kali muncul sejak tahun 1962 di Yogyakarta. Rumah makan ayam Ny. Suharti ini dirilis oleh pasangan suami istri, yaitu Sachlan dan Suharti. Pada awalnya Ny. Suharti beserta suami menjual ayam gorengnya berkeliling dari rumah ke rumah di sekitar Yogyakarta. Setelah penjualannya meningkat, muncul keinginan untuk memperbesar usahanya dengan mendirikan rumah makan. Pada tahun 1969 berdirilah Rumah Makan Ayam Goreng Mbok Berek.
Pada awal mula usaha, Ny. Suharti menggunakan nama Mbok Berek sebagai mereknya. Dinamakan Mbok Berek karena Ny. Suharti masih keturunan ketiga Mbok Berek yang juga merupakan pengusaha Ayam Goreng. Namun setelah beberapa tahun kemudian yaitu tahun 1972, Ny. Suharti mengubah nama rumah makannya dengan nama “Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti”. Dan setelah tiga belas tahun kemudian, ia berani membuka cabang-cabangnya di berbagai kota. Hingga tahun 1998, sedikitnya ada 14 Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti tersebar di Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jakarta, Pekanbaru, dan Medan.
Ini merupakan perusahaan perorangan yang dibangun berdasarkan prinsip kekeluargaan. Konsep kekeluargaan diterapkan pada pimpinan dan karyawan.konsep inilah yang menjadi tradisi rumah makan Ayam Goreng Ny.Suharti terlihat lebih unik dan mendapat kesan yang baik dari konsumennya.
Kini Ayam Goreng Nyonya Suharti menjadi salah satu tujuan kuliner wajib di kota yogyakarta. Ayam Goreng Nyonya Suharti telah menjadi ikon di kota yogyakarta. Ketenaran Ayam Goreng Nyonya Suharti tidak hanya berada di kota yogyakarta, tetapi di seluruh Indonesia. Bahkan beberapa turis asing yang datang di kota yogyakarta masih ada yang menyempatkan diri untuk menikmati makanan khas Ayam Goreng Nyonya Suharti yang muaranya juga dari kalasan sleman yogyakarta ini.



Tujuan
Misi Rumah Makan Ny. Suharti.
- Membuat masakan sop ayam kampung menjadi makanan murah, bergizi, berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan BEBAS MSG (Monosodium Glutamat) yang banyak menimbulkan beberapa efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh.
- Mempopulerkan penggunaan daging ayam kampung untuk sop yang disajikan dengan bumbu berasal dari rempah-rempah berkwalitas tinggi serta pengolahannya secara hygines dan profesional, sehingga menjadi sop yang bergizi, murah dan berkwalitas tinggi untuk memperbaiki kondisi kesehatan tubuh. Dengan demikian usaha ini bisa dikembangkan baik di desa maupun kota metropolitan, selain akan membantu masyarakat luas (terutama di pedesaan) untuk lebih giat mengembangkan peternakan ayam kampung guna menambah penghasilan rumah tangga mereka.
- Menjadikan Usaha Rumah Makan Ny. Suharti menjadi usaha waralaba SOP AYAM KAMPUNG di Indonesia.
Visi Rumah Makan Ny. Suharti
- Menjadikan Rumah Makan Ny. Suharti sebagai jaringan rumah makan sop ayam kampung secara nasional.
- Menjadikan Rumah Makan Ny. Suharti menjadi usaha waralaba yang menguntungkan dengan High Return on Investment serta bersaing di pasaran.
- Menciptakan usaha dan lapangan kerja baru.
Keunggulan Kami.
- Cita rasa yang selalu sama (standarisasi cita rasa masakan)
- Tidak menggunakan Monosodium Glutamat (MSG)
- Bumbu dibuat dari rempah-rempah yang berkwalitas tinggi
- Dikelola oleh team menejemen yang berpengalaman dan profesional.
- Mengutamakan pelayanan kepada para pelanggan
- Tingkat pengembalian investasi cepat atau High Return On Investment.




Kegiatan
Rumah Makan Ayam Goreng Nyonya SuhartiJalan Adisucipto
Lomba Tercepat Makan Ayam Goreng Nyonya Suharti Berdurasi Waktu 5 Menit Berhadiah Uang Tunai Rp 5.000.000,00
Pada hari sabtu tanggal 18 april 09, rumah makan Ayam Goreng Nyonya Suharti akan mengadakan program acara yang diberi tema “Lomba Tercepat Makan Ayam Goreng Nyonya Suharti Berdurasi Waktu 5 Menit Berhadiah Uang Tunai Rp 5.000.000,00”. Maksud dari tujuan acara ini adalah merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh rumah makan Ayam Goreng Nyonya Suharti untuk mempromosikan restorannya agar lebih dikenal oleh seluruh masyarakat, sekaligus untuk menarik perhatian para konsumen dan khalayak luas agar mereka senantiasa meluangkan waktunya untuk selalu menyempatkan diri menikmati sajian ayam goreng yang gurih dan lezat di rumah makan Ayam Goreng Nyonya Suharti.
Strategi dalam meningkatkan penjualan:
v  Menjaga stand di dalam economart
v  Menjajakan minuman dengan berkeliling di sekitar kampus A UNJ
v  Mengundang teman-teman untuk mendatangi stand di economart
v  Melayani konsumen dengan layanan purna jual
v  Menetapkan harga jual yang sesuai dengan pasar
Kegiatan pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan –kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan,mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen .salah satu strategi pemasaran yang berpengaruh sekali dalam pemasaran adalah pemilihan lokasi yang tepat,karena pemilihan lokasi akan berpengaruh pada berhasil tidaknya pemasaran. Pemasaran produk rumah makan Ayam goreng Ny.Suharti,pemilihan lokasi pemasaran harus tepat dan strategis karena akan berpengaruh dan menentukan terhadap pemasaran.



Rumah makan Ayam Goreng Nyonya Suharti sepertinya sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, dan hampir semua orang pernah mendengar, bahkan tau keberadaan lokasi tempatnya. Ayam Goreng Nyonya Suharti sudah ada sejak tahun 1965, dan sebelum dikenal oleh masyarakat bernama Ayam Goreng Nyonya Suharti, rumah makan ini dikelola oleh Retjomulyo, ayah Nyonya Suharti. Sekarang cabang Ayam Goreng Nyonya Suharti telah tersebar di berbagai kota. Ada di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Pekanbaru. Rumah makan Ayam Goreng Nyonya Suharti berpusat di kota yogyakarta, namun sepertinya belum begitu banyak yang tahu jika kepemilikan nama restoran ini ada dua orang yaitu Nyonya Suharti dan mantan suaminya. Namun mereka berdua sepertinya tidak terlalu mempermasalahkan penggunaan nama tersebut.
Restoran I (milik Ny. Suharti) berlokasi di JL. Solo dekat jembatan layang janti. Sedangkan Restoran II (milik mantan suaminya) berlokasi di JL. Gedongkuning.
Rumah makan Ayam Goreng Nyonya Suharti adalah rumah makan jawa yang anggun dengan rasa dan suasana istimewa yang dikelola dengan apik oleh tenaga-tenaga yang terampil, ramah-tamah, dan ahli dibidangnya. Pemotongan ayamnya pun terjamin kehalalannya. Ayam Goreng Nyonya Suharti, menyediakan berbagai menu yang sangat lezat serta bergizi tinggi sehingga tidak berlebihan apabila motto kami adalah : Soal Rasa Kamilah Empunya.
Keinginannya memiliki rumah makan sendiri tetap menggebu-gebu. Kemudian dengan bekal tabungan seadanya dan utang kanan-kiri, Suharti memulai kariernya pada tahun 1968, ketika itu ia memperoleh sebidang tanah di kawasan babasari di kota yogyakarta. Dengan modal sebesar Rp 300.000,00 berdirilah rumah makan ayam goreng pertama di atas tanah seluas 1.000 m2. Waktu itu beliau masih menggunakan nama ayam goreng Mbok Berek. Karena hampir semua anak cucu Mbok Berek yang membuka usaha ayam goreng menggunakan nama terkenal itu.
* Pemilik modal sepenuhnya terjamin dan resiko relatif kecil mengingat usaha rumah makan masih menghasilkan tingkat keuntungan yang baik, dan usaha kami berupa usaha nyata/riil, tidak seperti usaha valuta asing ataupun bursa saham.
* Rumah makan dikelola secara profesional, dengan team menejemen yang berpengalaman dibidangnya.
* Pemilik modal diberikan keuntungan 20 % / tahun atau 1.7 %/bulan dari jumlah modal yang disertakan.
*Keuntungan diberikan secara bulanan, setiap akhir bulan.
* Penyertaan modal minimum sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima puluh juta rupiah) dan masa penyertaan modal minimal selama 5 (lima) tahun.
* Pembayaran modal seluruhnya akan dilakukan di akhir tahun ke 5 (lima), bilamana untuk menarik diri dari paket penyertaan modal ini.
Mitra Kerja Bagi Hasil
Paket “Mitra Kerja Bagi Hasil” dilaksanakan berdasarkan pola dengan prinsip maju bersama dan berbagi hasil usaha, merupakan solusi alternatif untuk pengembangan usaha dan sumber pendapatan tetap bagi mitra usaha. Dengan penyertaan modal diatas Rp. 100 juta akan mendapatkan bagi hasil seperlima (20%) per tahun atau setara dengan 1.7% per bulan dari keuntungan bersih setelah dipotong pajak. Modal yang dimitrakan akan dipergunakan untuk penambahan network/jaringan rumah makan, promosi serta usaha terkait lainnya. Ketentuan batas jangka waktu penyertaan modal minimal 5 (lima) tahun.
Jadi, Usaha franchise adalah salah satu bentuk bisnis zaman sekarang yang paling diminati di Indonesia.Sudah terbukti dari banyaknya usaha franchise yang bertebaran di seantera Indonesia. Usaha franchise yang dikenal juga sebagai ‘waralaba’ memang franchise bisa mengalami keuntungan ataupun terjadi kerugian .banyak sekali persaingan dalam melakukan waralaba.


Dampak positif/negative dari franchise tersebut bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Dampak positif
-Mendapatkan keuntungan dan peluang usaha luas
-Pemasukan keuangan bertambah
-menambah kualitas sumber daya manusia
Dampak Negatif
-Pesaing antar bisnis yang sejenis meningkat
-sebagian para penjual gulung tikar karena tidak mampu bersaing




3.Keuntungan Franchise
Pada umumnya memang mereka yang sudah berani menawarkan usaha franchise adalah perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat. Walaupun beberapa usaha franchise yang masih kecil pun ikut menawarkan hak franchise. Oleh karena itu, keuntungaan usaha franchise adalah sudah meminimalisasi biaya promosi karena produk atau jasanya sudah dikenal baik oleh masyarakat.Selain itu, hak franchise biasanya diikuti dengan training dan bantuan dalam hal pengembangan bisnis tersebut.

Sumber:
http://elibrary.ub.ac.id
http://agungkurniawan96.wordpress.com

Kelompok:
  • Diah Indriani (22213349)
  • Resinalsal H G (27213427)
  • Samuel Mahesa A (28213217)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar